Rabu, 23 Agustus 2017

"INGREDIENTS 02"



BAYAM 

> Bayam “ Amaranthus sp. ”adalah salah satu tanaman sayuran yang dapat di budidayakan di dataran rendah dan dataran tinggi. Bayam ini memiliki dua jenis yang dapat di budidayakan yaitu bayam putih ( Amaranthus tricolor )dan bayam cabut( Amaranthus hibrydus L ).


Namun, kedua bayam ini memiliki perbedaan yang sangat jauh mulai dari bentuk daun, cabang batang dan juga bunga. Secara garis besarnya bayam ini masih berfamili dengan bayam-bayaman ( Amaranthuscea ). Selain itu, menurut beberapa ilmuan bahwa bayam ini memiliki sistematika morfologi dan anatomi sebagai berikut.

Klasifikasi Tanaman Bayam

Kingdom : Plantae
Sub kingdom : Tracheobionta
Sub Divisi : Spermatophyta
Division : Magnoliophyta
Class : Magnoliophyta
Sub Classis : Caryophyllidae
Famili : Amaranthacea
Genus : Amaranthus
Species : Amaranthus L. ( Amaranthus sp.)

Morfologi Tanaman Bayam

Secara umumnya, tanaman bayam dapat di lakukan anatomi dan morfologinya berdasarkan bentuknya berupa akar, batang, daun, bunga dan biji.

a. Akar

Tanaman bayam memiliki akar perdu ( terma ), akar tanaman bayam ini akan menembus tanah hingga kedalaman 20-40 cm bahkan lebih. Akar tanaman bayam ini tergolong akar tunggang dan memiliki serabutan di bagian atasnya.

b. Batang

Tanaman bayam memiliki batang tumbuh dengan tegak, tebal dan banyak mengandung air. Batang pada tanaman ini memiliki panjang hingga 0.5-1 meter dan memiliki cabang monodial. Batang bayam berwarna kecoklatan, abu-abu dan juga memiliki duri halus di bagian pangkal ujung batang tanaman bayam.

c. Daun

Tanaman ini memiliki daun tunggal, berwarna hijau muda dan tua, berbentuk bulat memanjang serta oval. Panjang daun pada bayam 1,5-6,0 cm bahkan lebih, dengan lebar 0,5 – 3,2 cm dan memiliki pangkal ujung daun runcing serta obtusus. Batang bayam di sertai dengan tangkai yang berbentuk bulat dan memiliki permukaan opacus. Panjang tangkai ini mencapai 9.0 cm dan memiliki bagian tepi atau permukaan repandus.

d. Bunga

Bunga tanaman bayam ini memiliki kelamin tunggal, berwarna hijau tua, dan juga memiliki mahkota terdiri dari daun bunga 4-5 buah, benang sari 1-5, dan bakal buah 2-3 buah serta lainnya yang membantu dalam penyerbukan. Bunga tanaman bayam ini berukuran kecil dan memiliki panjang mencapai 1,5-2,5 cm, serta tumbuh di ketiak daun yang tersusun tegak. Namun, penyerbukan bunga ini biasanya di bantu juga dengan binatang sekitar dan angin.

e. Biji


Tanaman bayam memiliki biji berukuran kecil, dan halus, memiliki bentuk bulat serta memiliki warna kecoklatan hingga kehitaman. Namun, ada beberapa jenis bayam yang terdapat biji berwarna putih dan merah, contohnya bayam maksi.
(http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-bayam) .

LABU SIAM 
Nama latin labu siam adalah Sechium edule. Labu siam merupakan tanaman sayuran dari suku labu-labuan. Labu siam biasanya berbentuk seperti buah pear, biasanya berwarna hijau tua, hijau muda danbahkan ada yang berwarna kuning. Spesies labu siam juga beragam. Ada yang kulitnya penuh di tumbuhi duri-duri kecil dan banyak, ada yang durinya jarang-jarang dan ada pula yang polos. Buah ini asalanya dari benua Amerika dan sangat  terkenal di Mexico. Bahkan labu siam merupakan bahan pangan favorit yang dapat di temui di hampir semua masakan khas mexico.

Klasifikasi Ilmiah Labu Siam

Tingkat taksonomi tanaman labu siam adalah sebagai berikut.

                                                                                                                          
Kingdom: Plantae 
     Divisi: Magnoliophyta 
            Kelas: Magnoliopsida 
                 Ordo: Violales 
                       Famili: Cucurbitaceae 
                             GenusSechium 
                                   SpesiesSechium edule



Labu siam merupakan bahan pangan favorit di beberapa negar asia, seperti jepang, Thailand, Malaysia, Singapura, terutama di Indonesia. Meski merupakan sayuran sekunder, tetapi sayuran ini dapat di temukan di pasar-pasar baik supermarket maupun pasar tradisional. Labu siam adalah sebutannya dalam bahasa Indonesia. Namun di beberapa daerah dan negara, labu siam di kenal dengan berbagai sebutan, diantaranya . 

(http://kbunq.blogspot.co.id/2014/01/nama-latin-labu-siam-klasifikasi-ilmiah.html) . 







BELIMBING 


Sejarah Belimbing , 
Belimbing Manis (Averrhoa carambola L.) tumbuh dalam bentuk pohon. Batang jelas terlihat, berkayu (lignosus), berbentuk silindris, permukaan batang kasar, batang berwarna coklat tua. Percabangan dikotom, arah tumbuh cabang ada yang condong ke atas ada yang mendatar.
Daun (folium) Tergolong daun majemuk menyirip gasal (imparipinnatus). Pada suatu daun majemuk terdiri atas beberapa bagian yaitu:

a. Ibu tangkai daun (petiolus communis),
b. Tangkai anak daun (petiololus), dan
c. Anak daun (foliolum).

Bagian-bagian daun pada Averrhoa carambola L.




Daun majemuk beranak daun 9, bertangkai panjang, warna hijau muda, bentuk bulat telur, panjang daun 3-8,5 cm, lebar daun 2-4 cm, helaian daun tipis tegar seperti kertas (papyraceus atau chartaceus), ujung meruncing (acuminatus), pangkal membulat, tepi rata, susunan pertulangan menyirip (pinnate), tidak memiliki daun penumpu, permukaan atas dan bawah licin mengkilat.

     Daun Averrhoa carambola L. beranak daun sembilan.
Daun pada Averrhoa carambola, merupakan daun tidak lengkap karena hanya memiliki ibu tangkai daun, tangkai anak daun dan anak daun. 

Manfaat Averrhoa carambola L. :

Buah ini memiliki banyak sari (air), sehingga memungkinkan untuk dibuat wine buah. Di Myanmar, belimbing digunakan untuk membuat acar teh. Buah belimbing yang manis selain menyembuhkan batuk, demam, kencing manis dan kolesterol tinggi, juga cocok untuk meredakan sakit tenggorokan.






Klasifikasi  Belimbing 






Kingdom :        Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi :  Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi :              Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas :               Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas :      Rosidae
Ordo :               Geraniales
Famili :             Oxalidaceae (suku belimbing-belimbingan)
Genus :             Averrhoa
Spesies :           Averrhoa carambola L.
Gambar: Pohon Averrhoa carambola L.

(

http://novi-biologi.blogspot.co.id/2011/06/belimbing-averrhoa-carambola.html)

0 komentar:

Posting Komentar

Utensil & Equipment 27

                                                    Utensil  & Equipment Measuring Jug Function : A tool used to measure liquid ...