Minggu, 05 November 2017

Ingredients



   Ingredients




DAUN JERUK





          Daun jeruk adalah jenis daun-daunan. Daun jeruk didapat dari tanaman jeruk. Daun jeruk digunakan untuk berbagai keperluan, salah satunya menambah aroma harum dalam masakan. Daun jeruk juga mempunyai rasa yang khas sehingga daun jeruk sering dijadikan perasa dalam olahan kuliner. Daun jeruk berwarna hijau, berbentuk lancip, dan tidak terlalu lebar. Daun jeruk dijual sangat murah sehingga biasanya dijual paketan dengan bumbu dapur lainnya. Daun jeruk merupakan tanaman obat keluarga dengan kata lain daun jeruk mudah ditanam di lingkungan rumah. Anda bisa menanam daun jeruk di pot untuk diambil daunnya yang muda dan digunakan langsung untuk masakan atau kegunaan lain. Daun jeruk dapat dimanfaatkan untuk masakan matang maupun dimanfaatkan mentah.

Fungsi

        Daun jeruk mengandung aroma minyak esensial sejenis citrus dan sitronela. Karena mengandung sitronela, aroma daun jeruk mampu digunakan untuk mengusir nyamuk. Daun jeruk juga berfungsi untuk menjaga kesehatan gigi agar terhindar dari karies. Daun jeruk juga ampuh untuk meredakan kembung dan mual . Daun jeruk juga berkhasiat untuk proses detoksifikasi dalam tubuh. Sedangkan untuk kuliner, daun jeruk berfungsi untuk menambah aroma dan memberi rasa asam dalam masakan. Biasanya daun jeruk digunakan dalam masakan bersantan seperti rendang. Daun jeruk sebagai perasa makanan, digunakan dalam olahan keripik, contohnya keripik tempe rasa daun jeruk. Daun jeruk juga digunakan sebagai garnish atau penghias dalam hidangan makanan.

Cara Mengolah

       Cara menyimpan daun jeruk agar selalu segar sebenarnya cukup mudah. Anda hanya perlu menyimpan dalam kulkas di dalam wadah tertutup. Daun jeruk dicuci bersih kemudian dikeringkan dengan cara diangin-anginkan. Setelah itu, daun jeruk disimpan dalam toples plastik dan disimpan di kulkas yang tidak terlalu dekat dengan freezer. Penggunaan dan pengolahan daun jeruk juga tidak terlalu susah. Daun jeruk cukup ditambahkan dalam tumisan bumbu sampai layu dan mengeluarkan bau harum khas citrus. Sedangkan untuk penambah rasa, daun jeruk cukup dihaluskan dengan cara dicincang halus atau ditumbuk dengan bumbu lain sebelum dimasak. Dengan begitu, rasa dari daun jeruk bisa meresap.

http://www.kerjanya.net/faq/18146-daun-jeruk.html



DAUN SALAM




      Daun salam adalah jenis daun-daunan berwarna hijau dan termasuk dalam kelompok tanaman yang biasa digunakan untuk masakan. Daun salam didapatkan dari tanaman bernama s yzygium polyanthum. Daun salam juga sering dikenal dengan nama bay leaf. Daun salam berbentuk lancip dan tidak terlalu lebar. Daun salam dimanfaatkan karena mampu menambah aroma masakan. Selain itu, daun salam juga digunakan untuk mempercantik masakan. Daun salam sangat mudah ditanam, bahkan terkadang tanaman ini tumbuh dalam satu lahan dengan tanaman lain. Daun salam bisa ditanam di lingkungan rumah. Daun salam banyak digunakan di masakan Indonesia atau beberapa jenis masakan mancanegara. Daun salam hanya perlu ditambahkan ke dalam bumbu masakan.

Fungsi

        Daun salam baik untuk kesehatan. Daun salam mempunyai kandungan etanol. Daun salam bagus untuk mengobati
hipertensi , asam urat, dan diabetes dengan cara mengambil sari atau minyak esensial dari daun salam itu sendiri. Daun salam juga mengandung minyak atsiri yang berfungsi banyak untuk kesehatan. Tidak hanya baik untuk kesehatan, daun salam juga cocok dimanfaatkan untuk masakan. Daun salam terbukti mampu menambah aroma dan menonjolkan rasa dalam masakan. Masakan yang menggunakan daun salam dicontohkan seperti masakan berkuah (sayur asem, soto Lamongan, rawon, dan lainnya) hingga masakan rendang, tumisan, dan lain-lain. Daun salam yang baik digunakan untuk masakan adalah daun salam yang masih muda.

Cara Mengolah

        Daun salam sebaiknya tidak disimpan dalam ruangan atau tempat yang terkena matahari langsung. Daun salam sebaiknya disimpan dalam kulkas agar terjaga kesegarannya dan tidak kering. Daun salam memang mudah kehilangan kelembaban sehingga mudah kering. Daun salam juga digunakan untuk masakan. Daun salam dicuci bersih dan batang yang masih menempel dibuang. Sebaiknya Anda menggunakan daun salam yang masih muda agar tidak pahit dalam masakan. Kemudian daun salam diremas dan dimasukkan dalam masakan agar menambah aroma masakan Anda. Daun salam dimasukkan ketika bumbu ditumis agar aromanya segera tercampur dengan bumbu. Kemudian setelah daun salam layu, Anda dapat memasukkan bahan utama masakan Anda dan mengolahnya sampai matang.

http://www.kerjanya.net/faq/18010-daun-salam.html




DAUN PANDAN


       Daun pandan adalah jenis daun-daunan berbentuk lancip panjang dan memiliki sudut siku pada bagian daunnya. Daun pandan merupakan jenis daun yang digunakan untuk masakan. Daun pandan berwarna hijau dan warna hijau daun pandan digunakan sebagai pewarna alami makanan. Daun pandan berserat halus dan mudah dibuat campuran dalam masakan. Daun pandan mudah ditemukan bahkan terkadang tumbuh di media pot. Tidak hanya bermanfaat banyak, daun pandan juga cantik dipajang dan dijadikan dekorasi halaman rumah. Daun pandan tidak terlalu susah ditemukan di pasar namun lebih baik menyediakan tanaman pandan di rumah karena jarang dijual dalam jumlah sedikit. Daun pandan berbau harum tetapi tidak mempunyai rasa yang khas.

Fungsi

       Daun pandan mengandung zat saponin, polifenol, alkaloida, dan zat warna hijau. Daun pandan bagus untuk mengobati rematik, penyakit saraf, dan penyakit otot misal pegal-pegal. Daun pandan juga bagus digunakan untuk aroma terapi dalam spa. Selain digunakan dalam bidang kesehatan, daun pandan juga berfungsi sebagai penambah aroma dalam masakan dan penambah warna hijau. Penggunaan daun pandan umumnya dilakukan pada masakan bersantan seperti kolak. Sedangkan zat warna hijau digunakan untuk mewarnai kue basah. Daun pandan juga berfungsi untuk mengharumkam nasi agar lebih wangi dan sedap. Daun pandan juga digunakan penghias makanan agar lebih cantik. Daun pandan digunakan sebagai alas untuk mengukus tanaman atau penghias tumpeng.

Cara Mengolah

          Mengolah daun pandan cukup mudah. Anda bisa menyimpan daun pandan di lemari es atau membiarkan dalam pot baru dipetik ketika akan digunakan. Daun pandan bisa digunakan sebagai pewarna makanan. Caranya adalah daun pandan digiling dengan sedikit air dan diperas sampai mengeluarkan zat warna hijau. Esens hijau tadi ditambahkan dalam adonan agar kue berwarna hijau.
Penggunaan daun pandan untuk penambah aroma juga relatif mudah. Daun pandan yang sudah dicuci bersih kemudian diikat atau dipotong besar lalu dimasukkan dalam rebusan santan atau nasi yang baru ditanak. Dengan begitu, aroma harum daun pandan akan menyebar dalam masakan.

http://www.kerjanya.net/faq/18156-daun-pandan.html

0 komentar:

Posting Komentar

Utensil & Equipment 27

                                                    Utensil  & Equipment Measuring Jug Function : A tool used to measure liquid ...