Rabu, 23 Agustus 2017

Famous Food 02


Famous Food 



   Hot Dog 







    Mengapa sosis ada yang disebut hot dog (anjing panas)? Padahal, tidak secuil pun memakai anjing. Yuk, kita menengok ke tahun 1852. Waktu itu serikat penghasil sosis di kota Frankfurt membuat sosis jenis baru. Bentuknya panjang dan langsing, tidak besar dan gemuk seperti biasanya. Sarungnya tipis hampir tembus pandang. Isinya daging cincang yang diberi banyak rempah-rempah lalu diasapi.


Seorang di antara pembuat sosis itu memiliki seekor dachshund (anjing tekel) yang sangat disayanginya. la menganjurkan teman-temannya agar sosis mereka dibengkokkan sedikit, seperti tubuh anjing tekel. Pasti orang suka, karena lucu, katanya.

Tahun 1880-an, di St. Louis, Missouri, Amerika Serikat, Antoine Feuchtwanger seorang Jerman yang berasal dari Frankfurt, berjualan sosis anjing tekel. Sosis itu laris, tapi namanya sulit diucapkan lidah Amerika. Untuk mudahnya, ada yang menyebutnya frank(s)wiener, dan lauvlain. Sementara itu, di Pulau Coney, Amerika Serikat, Charles Feltman yang berasal dari Frankfurt pula, menjajakan piedengan kereta dorong. Ketika penginapan-penginapan menyediakan makanan panas, orang lebih menyukainya daripada pie. Feltman kehilangan pelanggan.

Orang-orang menasihatinya agar ia beralih menjual pelbagai makanan panas. Namun, Feltman tidak mempunyai cukup modal. Miliknya cuma kereta dorong. Mana mungkin memasak bermacam-macam makanan di kereta dorong?

Feltman mendapat akal. la berjualan sosis anjing tekel panas yang dijepit roti supaya tidak perlu piring. Sosis itu diberi moster serta asinan kol supaya lebih merangsang selera. Untuk memanaskan sosisnya, ia cuma perlu anglo kecil dan panci. Dagangannya dinamai "Frankfurter Sandwiches" dan ternyata laku keras. Feltman sampai bisa membuka restoran, " Feltman's German Beer Garden" di tepi pantai tempat pesiar.

Mentang-mentang laku, harga franks-nya dinaikkan terus. Dua penggemar franks bernama Eddie Cantor dan Jimmy Durante menjadi kesal. Mereka  enganjurkan pembantu Feltman, Nathan Handwerker, untuk berhenti dan berjualan franks sendiri dengan harga setengahnya. Mulai tahun 1916, Nathan berjualan franks buatan istrinya, Ida. Ternyata, para dokter menyukainya. Orang-orang lain pun tertarik. Sosis dijepit roti semakin populer.

Di New York City, seorang pengusaha franks bernama Harry Stevens menyuruh karyawannya menjajakan franks di setiap pertandingan baseball sambil berteriak-teriak, "Red-hot dachshund sausages! (Sosis anjing tekel yang merah dan panas)."

Suatu hari, seorang pelukis kartun temama, Ted Dorgan, menyaksikan penjaja itu berteriak-teriak. la lantas mendapat ilham untuk menggambar seekor anjing tekel yang berlumur moster, dijepit dengan roti. Karena dachshund sulit diucapkan kebanyakan orang Amerika, gambar itu diberinya nama hot dog , anjing panas. Gambar itu dimuat di pelbagai media. Pembaca menganggapnya lucu. Sebutan hot dog pun menjadi terkenal.

Walaupun sosis frankfurter berasal dari Jerman, tetapi hot dog dihasilkan dan dipopulerkan di Amerika Serikat. Sekarang, setiap tahun dibuat kira-kira 17 miliar hot dog di Amerika Serikat. Setiap orang Amerika rata-rata memakan 80 hot dog setahun. Kalau hot dog itu diuntai, panjangnya bisa mencapai bulan dan kembali lagi sebanyak 2,5 kali! Hot dog memang pernah mencapai bulan sebab para astronaut pesawat Apollo berbekal hot dog juga.

(http://intisari.grid.id/Unique/Others/Sejarah-Unik-Di-Balik-Nama-Hot-Dog). 


Ingredients & How to make :


Bahan-bahan : 

  1. 300 gr tepung terigu protein tinggi
  2. 5 gr ragi instan
  3. 3 sdm gula pasir
  4. 180 gr susu cair
  5. 1 butir telur (kocok lepas)
  6. 1/2 sdt garam
  7. 45 gr unsalt butter
  8. 10 buah sosis sapi / ayam
  9. bahan olesan : kuning telur
  10. toping : keju parut dan parsley

Langkah : 

  1.   1. Siapkan mangkuk masukkan tepung terigu 150 gr, gula, ragi instan, aduk rata dan tambahkan garam, aduk kembali hingga tercampur rata, masukkan susu cair dan telur aduk dgn spatula, diamkan 30 menit .
  2.   2. Campurkan sisa tepung 150 gr ke adonan pertama lalu uleni hingga kalis, tambahkan buttet dan garam uleni kembali hingga kalis elastis .
  3.   3. Bulatkan adonan kemudian diamkan kurleb 1 jam hingga mengembang 2x lipat .
  4.   4. Kempeskan adonan, kemudian bagi menjadi 10, lalu bentuk adonan memanjang dan gilas ringan .
  5.  5. Lilitkan adonan ke sosis dan diamkan kembali hingga mengembang 2x lipat .
  6.  6. Oles dgn bahan olesan lalu beri toping keju parut dan parsley .
  7.  7. Panggang di oven 180° kurleb 15 menit .

    ( https://cookpad.com/id/resep/2634491-sausage-hotdog-bun ) . 



    Pizza 





       Pizza adalah sejenis roti bundar, pipih yang dipanggang di oven dan biasanya disiram saus tomat serta keju dengan makanan tambahan lainnya yang bisa dipilih. Keju yang dipakai biasanya mozzarella atau "keju pizza".

      Jenis makanan lain juga dapat ditaruh di atas pizza, biasanya daging dan saus, seperti salami dan pepperoni, ham, bacon, buah seperti nanas dan zaitun, sayuran seperti cabe dan paprika, dan juga bawang bombay, jamur dan lain lain.


      Rotinya biasanya roti biasa namun bisa diberi rasa tambahan dengan mentega, bawang putih, tanaman obat, atau wijen. Pizza biasanya dimakan selagi panas (biasanya makan siang dan malam), tetapi kalau ada lebih dingin pun dapat juga dimakan, biasanya pada sarapan pagi atau dalam piknik.

      Pizza dimakan di restoran dan dibeli di pasar grosir atau supermarket; di banyak negara, pizza dapat dipesan melalui telepon dan akhir-akhir ini melalui web untuk diantar, panas dan siap untuk dimakan di rumah.

      Kata "pizza" diambil dari bahasa Italia pizza (Alfabet Fonetik Internasional / International Phonetic Alphabet, IPA biasanya berarti "phai, kue, tart". Banyak yang salah mengira bahwa pizza berasal dari kata Italia yang berarti phai (pie).

    Pizza Italia

      Pizza asli asal Italia yang rasanya enak bisa ditemui di Pizzeria (yaitu toko Pizza) yang tiap porsi berdiameter kira-kira 30 cm atau lebih, tetapi adonannya telah ditarik tipis. Salah satu rahasia keenakan Pizza Italia adalah dipanggang di dalam oven tradisional dengan bara api, karena jika dipanggang dengan oven listrik umumnya adonan pizza tipis akan menjadi keras.


    Sejarah Pizza 

    Pizza telah dikenal oleh masyarakat zaman kuno yang tentunya berbentuk lain dengan pizza zaman sekarang. Makanan ini berasal dari makanan si miskin yang dibuat dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan seperti: tepung terigu, minyak, garam dan ragi.

    Pizza yang kita kenal sekarang lahir sekitar tahun 1600 yang pada saat itu pizza tidak ada saus tomat di atasnya. Kemudian pada tahun 1800-an Pizza dengan saus tomat dibawa oleh imigran Italia yang umumnya berasal dari Napoli ke New York, Amerika Serikat. Pada periode itu juga di Napoli, Italia muncul "Perkawinan Bersejarah" Pizza yang ditaburi Mozzarella. Seorang pembuat pizza, Raffaele Esposito dan istrinya menyiapkan sebuah pizza untuk dipersembahkan pada Ratu Margherita Savoia, istri Kaisar Italia Umberto I. Yang dibuat atas permintaan Yang Mulia. Sebuah Pizza yang melambangkan Bendera Italia: Merah yaitu saus tomat, putih yaitu mozzarella dan hijau yaitu daun basil. Dikarenakan Sang Ratu begitu suka dengan cita rasa pizza sederhana ini maka dinamakan Pizza Margherita . 

    (http://asalusul.sofhaljamil.com/2010/03/asal-usul-pizza.html) .




    Ingredients & How To Make : 



    Bahan-bahan : 

    1. Bahan starter :
    2. 50 ml air hangat
    3. 11/2 sdm ragi instan
    4. 65 gram terigu
    5. Bahan lain :
    6. 185 gram terigu
    7. 3 sdm gula pasir
    8. 1/2 sdt bp double acting
    9. 1 sdm margarin
    10. 1,5 minyak goreng
    11. 60 ml air
    12. Bahan isi : 
    13. 1 buah bawang bombay iris tipis
    14. Paprika secukupnya,iris tipis
    15. Sosis secukupnya potong Tipis
    16. Jagung manis pipilan
    17. 1/4 buah keju cepat leleh
    18. 1 sdt oregano
    19. 3 sdm saos tomat
    20. 4 sdm saos cabe
    21. 2 sdm saos bolognise
    22. 1/2 sdt bawag putih bubuk
    23. 1/2 sdt merica bubuk
    24. 1 sdt margarin


    Langkah :

    1. 1. Starter : larutkan ragi dan air hangat,biarkan berbuih,(jiKa tidak berbuih tanda ragi tidak aktif jangan dipakai),masukan terigu aduk rata,biarkan 15 menit
    2. 2. Campur dalam baskom bahan lain,terigu gula,baking powder aduk rata,tambahkan bahan starter,masukan air sedikit demi sedikit,uleni rata,masukan margarin,minyak goreng,uleni sampai kalis
    3. 3. Diamkan 30-45 menit sampai mengenbang dengan ditutup serbet
    4. 4. Sambil menunggu mengembang buat isian,tumis bawang bombay dengan margarin,masukan paprika tumis hingga harum,masukanJagung,tumis dengan api kecil,masukan saos tomat,saos cabe,saos bolognise,lada bubuk,bawang putih bubuk,oregano bubuk,aduk rata,sisihkan
    5. 5. Jika sudah mengembang tipiskan dough,bentuk bulatSambil dipipihkan,letakan dalam loyang pizza yang sudah dioles margarin,tusuk2,beri isian,parut keju diatsnya,taburi oregano,oven hingga matang . 

      (https://cookpad.com/id/resep/3050247-pizza) .

0 komentar:

Posting Komentar

Utensil & Equipment 27

                                                    Utensil  & Equipment Measuring Jug Function : A tool used to measure liquid ...