Senin, 04 September 2017

"INGREDIENTS 03"



INGREDIENTS



BAWANG MERAH





SEJARAH PENYEBARAN BAWANG MERAH
 Tanaman bawang merah diyakini berasal dari daerah Asia Tenggara, yakni sekitar Banglades, India, dan Pakistan. Bawang merah dapat dikatakan sudah di kenal oleh masyarakat sejak ribuan tahun yang lalu, pada Zaman Mesir Kuno sudah banyak  orang menggunakan bawang merah untuk pengobatan.
Dari Eropa Barat, bawang merah ini menyebar luas sampai ke daratan Amerika, hingga Asia Timur dan Tenggaranyang berkaitan dengan pemburuan rempah-rempah oleh bangsa Eropa di benua Asia.



PERDAGANGAN DAN PROSPEK BAWANG MERAH
 Usaha tani bawang merah kini masih menjadi pilihan dalam usaha agribisnis di bidang hortikultura. Konsumsi dalam negeri yang belum bias dicakupi dan keuntungan yang memberikan peluang membuat usaha ini banyak digeluti para petani.
 Musim kemarau merupakan bulan-bulan yang baik untuk menghasilkan bawang. Dari satu kilogram bibit bias menghasilkan panen sebanyak 15 kg bawang merah. Hal ini yang mengakibatkan pada bulan-bulan seperti mei sampai September panen bawang meningkat, dan harga bawang merah pun jatuh. Kecuali, tentu saja jika ada hari-hari khusus seperti lebaran.
 Harga turun naik sebenarnya bias ditanggulangi supaya bias lebih stabil dengan cara menahan dulu bawangnya di gudang pada saat harga bawang rendahndan bawang berlimpah di pasar.akibat fluktuasi harga bawang merah terus menerus menjadi.

   HASIL OLAHAN
 Hasil olahan yang berasal dari bawang merah yang banyak dikenal masyarakat adalah goring bawang. Bawang diiris-iris dengan alat pemotong khusus, kemudian irisan bawang tersebut digoreng sampai kering.
 Sementara pengusaha kelas rumah tangga hanya menggunakan pisau. Alat lain yang diperlukan dalam usaha goring bawang ini adalah penggorengan, serok, dan tungku.


 KHASIAT BAWANG MERAH
 Sejak zaman Mesir Kuno masyarakat sudah mengenal bawang merah dan digunakan tidak hanya sebagai bumbu masak, tetapi juga sebagai bahan pengobatan. Menurut penelitian, bawang merah mampu menurunkan kadar gula dan kolesterol tubuh.
Pengaruh yang lainnya dapat menghambat penumpukan trombosit, meningkatkan aktivitas fibrinolitik tubuh sehingga dapat memperlancar aliran darah. Bawang merah juga mampu memobilisasi kolesterol dari tempat penimbuhannya. Hal inilah yang menyebabkan bawang merah dapat menahan kencing manis, dan mengurangi kemungkinan terjadinya komplikasi penyakit kencing manis dengan penyakit jantung, dan sebagainya.
·         Obat luka lama
Untuk mengobati luka lama, bawang merah dapat digunakan dengan sedikit campuran minyak kalapa dan garam dapur.
·         Obat Sakit Maag
Untuk mengobati sakit maag dapat juga diredahkan dengan ramuan bawang merah. Hanya dengan cara membersihkan bawang merah dengan air bersih dan langsung dimakan mentah-mentah.
·         Masuk angin atau Meriang
Untuk mengobati anak-anak yang masuk angina tau meriang dapat diobati dengan bawang merah, cara membuatnya pertama bawang dikupas kemudian di parut, kemudian campurkan dengan sedikit minyak kelapa dan minyak kayu putih, lalu  lumuri keseluruh tubuh.

KLASIFIKASI BAWANG MERAH :


Devisi                    : spermatophyte
Subdivisi               : angiospermae
Kelas                     : monocotyledon
Ordo                      : liliales
Genus                    : allium
Spesies                  : allium ascalonium

(sumber :https://artikelbawang.blogspot.com/2016/10/asal-usul-sejarah-tanaman-bawang.html)


LABU KUNING




Labu kuning bukan tanaman asli Indonesia, tanaman ini berasal dari benua Amerika, yaitu Peru dan Meksiko. Bangsa Indian telah membudidayakannya sejak bertahun-tahun sebelum masehi. Kini labu kuning dapat dijumpai dengan mudah di negara-negara yang beriklim tropis seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Amerika dan negara-negara Eropa.

Tanaman labu kuning tumbuh baik didaerah tropis, dari dataran rendah hingga ketinggian 1.500 m dpl. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik pada kondisi hangat dengan tepmeratur 18-27oC. Dalam bahasa sunda dikenal dengan nama waluh, didaerah lain disebut juga labu merah, labu kastela (Melayu), dalam bahasa asing labu kuning dikenal dengan nama Butternut, Pumpkin (Inggris), Nan kua (Tionghoa), Colabaza (Spanyol), Kalabasa (Filipina).

Tanaman labu kuning merupakan tanaman semusim dan berbentuk semak yang merambat keatas. Batangnya berbentuk segilima, mudah dikenali dan merambat seperti anggur, jenis tanaman yang merumpun antara lain timun, semangka, melon, blewah, pare, kecipir, labu siam dan sebagainya.

Buah labu kuning berbentuk bulat pipih, lonjong atau panjang dengan banyak alur (15-30 alur). Ukuran pertumbuhannya sangat cepat mencapai 350 gram perhari. Seperti daun tanaman lain, warna daun labu berwarna hijau, tetapi permukaan daun labu kasar. Labu tumbuh merambat atau menjalar dengan kait pada batangnya dan jarang berkayu. Kait pada batang labu berbentuk melingkar seperti spiral. Batang tumbuhan ini berwarna hijau muda dan berbulu halus serta berakar lekat. Panjang batangnya mencapai lebih dari 5 meter.
Perkecambahan biji labu kuingakan menghasilkan akar pertama dan tunas, dan akan disususl dengan tumbuhnya akar-akar rambut yang semakin banyak dari waktu kewaktu. Radius yang dapat dicapai oleh akar tersebut mencapai 30-40 cm. Daun tanaman labu kuning merupakan daun tunggal yang memiliki pertulangan daun majemuk menjari. Daunnya menyebar disepanjang batang. Bentuk daunnya menyerupai jantung, ujungnya agak meruncing, tulang daun tampak jelas, bertangkai dan berbulu halus
.
Buah labu memiliki bentuk yang bervariasi, mulai dari pipih, lonjong, ataupun panjang dengan alur yang berjumlah antara 15 hingga 30 alur. Buah yang masih muda berwarna hijau muda menjadi kuning kecoklatan ketika tua.
Labu umumnya memiliki banyak biji yang berbentuk pipih, bundar telur, sampai bundar memanjang. Bagian ujung membulat, sedangkan bagian pangkal meruncing. Permukaan biji buram, licin. Biji terdapat dibagian tengah-tengah buah.

Bunganya berwarna kuning dan berbentuk lonceng. Dalam satu rumpun bunga terdapat bunga jantan dan bunga betina (uniseksual-monoesius). Bunga jantan memiliki tangkai yang tipis tetapi panjang. Pada waktu umur tanaman mencapai 1-1,5 bulan bunga jantan akan muncul pertama kali disusul dengan bunga betina. Penyerbukan dapat terjadi dengan bantuan angin dan juga serangga.

Buah labu kuning dapat digunakan untuk berbagai jenis makanan dengan cita rasa yang enak. Labu kuning merupakan salah satu sayuran yang kaya β-caroten yang berfungsi untuk penglihatan bagi yang mengalami rabun senja. Labu kuning memiliki kandungan kalori sebesar 34 kalori, lemak 0,8 mg, kalsium 45 mg dan mineral 0,8 mg sehingga labu kuning sangat baik untuk dikonsumsi anak-anak maupun orang tua, karena kandungan gizi yang terdapat didalamnya sangat baik untuk kesehatan tubuh. Pada anak-anak dapat digunakan untuk menambah nafsu makan dan mengobati cacingan.
Klasifikasi LABU KUNING sebagai berikut :

Kingdom : Plantae (tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (berpembuluh)
Devision : Spermatophyta
Subdivision : Spermatophyta (menghasilkan biji)
Kelas : Dicotyledone
Ordo : Cucurbitales
Familia : Cucurbitaceae
Genus : Cucurbita
Spesies : Cucurbita Moschata
(sumber :https://asbabbul.wordpress.com/2014/11/19/mengenal-labu-kuning/)

KEDELAI
Taksonomi Kacang Kedelai
Kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecaptahu, dan tempe. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur. Kedelai putih diperkenalkan ke Nusantara oleh pendatang dari Cina sejak maraknya perdagangan dengan Tiongkok, sementara kedelai hitam sudah dikenal lama orang penduduk setempat. Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910.

Kedelai merupakan bahan baku makanan yang bergizi seperti tahu dan tempe. Bagi petani, tanaman ini penting untuk menambah pendapatan karena dapat segera dijual dan harganya tinggi. Ini karena produktivitas rendah dan semakin meningkatnya kebutuhan kedelai.


Kedelai adalah salah satu tanaman polong-polongan yang menjadi bahan dasar banyak makanan dari Asia Timur seperti kecaptahu, dan tempe. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tanaman ini telah dibudidayakan sejak 3500 tahun yang lalu di Asia Timur. Kedelai putih diperkenalkan ke Nusantara oleh pendatang dari Cina sejak maraknya perdagangan dengan Tiongkok, sementara kedelai hitam sudah dikenal lama orang penduduk setempat. Kedelai merupakan sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama dunia adalah Amerika Serikat meskipun kedelai praktis baru dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah 1910.

Kedelai merupakan bahan baku makanan yang bergizi seperti tahu dan tempe. Bagi petani, tanaman ini penting untuk menambah pendapatan karena dapat segera dijual dan harganya tinggi. Ini karena produktivitas rendah dan semakin meningkatnya kebutuhan kedelai.

MANFAAT KEDELAI :

Dengan mengkonsumsi kedelai setiap harinya anda tentunya akan mendapat manfaat bagi kesehatan anda sendiri dan anda tentunya sudah menjaga pola hidup anda dengan membiasakan hidup sehat dengan memakan atau meminum bahan makanan dari kedelai yang kaya akan protein yang tinggi yang dapat mengurangi kolesterol jahat, mencegah kangker dan bagi anda yang lagi diet tentunya akan memperoleh diet yang tak begitu ketat karna kandungan protein yang tinggi tadi akan memenuhi kebutuhan anda selama berdiet.

(sumber :http://sigit01.blogspot.co.id/2013/04/sejarah-tanaman-kedelai.html)

Klasifikasi Kacang Kedelai :

Kingdom        : Plantae
Divisi              : Spermatophyta
Sub Divisi      : Angiospermae
Kelas             : Dicotyledonae
Ordo              : Fabales
Famili            : Fabaceae
Genus           : Glycine
Species         : Glycine max

(sumber: //leniblogs.blogspot.co.id/2012/12/taksonomi-kacang-kedelai.html)

0 komentar:

Posting Komentar

Utensil & Equipment 27

                                                    Utensil  & Equipment Measuring Jug Function : A tool used to measure liquid ...