Sabtu, 04 November 2017

Ingredients

Ingredients






Bayam 

   Bayam atau dalam bahasa latinnya Amaranthus sp Spinacia oleracea L merupakan salah satu tanaman sayuran yang dapat dibudidayakan di dataran rendah maupun dataran tinggi. Tanaman bayam berasal dari daerah Amerika tropika, tanaman bayam semula dikenal sebagai tanaman hias, dalam perkembangan selanjutnya  tanaman bayam dipromosikan sebagai bahan pangan sumber protein, terutama untuk negara-negara berkembang. Diduga tanaman bayam masuk ke Indonesia pada abad XIX ketika lalu lintas perdagangan orang luar negeri masuk ke wilayah Indonesia.
     ada jenis bayam yang dapat dan sangat bagus dibudidayakan yaitu Bayam Putih (Amaranthus tricolor) dan Bayam Cabut (Amaranthus hibrydus L). Bayam adalah sejenis sayuran daun yang mengandung vitamin A, B, C dan zat-zat galian seperti kalsium dan esi.
    Kedua bayam tersebut memiliki perbedaan yang menonjol terlihat dari bentuk daun, cabang batang dan juga bunganya, meskipun memiliki perbedaan, bayam ini masih masuk dalam keluarga bayam-bayaman (Amaranthuscea). Selain itu, menurut beberapa pernyataan ilmuwan yang pernah saya baca bahwa bayam ini memiliki sistematika morfologi dan anatomi yang akan dijelaskan sebagai berikut.   

- Kingdom           : Plantae (tumbuhan) 
- Subkingdom      : Tracheobionta (tumbuhan berpembuluh)
- Infra kingdom : streptophyta
- Super Divisi       : embryophyta
-Sub Divisi.         : Spermatophyta
- Divisi                 : tracheophyta
- Kelas                : Magnoliophyta
- Sub Kelas         : charyophyliade
-  Famili              : amharantaceae
- Genus              : spinacia L
- Spesies            : spinacia  oleracia L

Proses penyimpanan bayam

1. Pilih bayam yang segar dan berwarna hijau tua ketika membelinya dari pasar atau supermarket. Hindari bayam yang sedikit layu, menguning, atau berlendir.
2. Jaga agar bayam tidak kering. Jangan mencuci sebelum menyimpannya karena kelebihan air dapat mendorong bayam layu sebelum waktunya.
3. Tempatkan bayam dalam kantong plastik bersih. Tidak perlu mengemas ulang bayam yang sudah dibeli.
4. Simpan bayam dalam lemari es, diutamakan di rak sayuran. Bayam akan tetap segar selama lima sampai tujuh hari.[

http://agroteknologi.web.id/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-bayam/
https://ajichrw.wordpress.com/2009/07/15/tanaman-bayam/

 
Kayu Manis

        Asal tanaman Cinnamomum zeylanicum berasal dari Sri Lanka (mulanya disebut Ceylon), sebelah tenggara India. Selain itu juga berasal dari India Barat Daya dan Bukit Tenasserim di Burma. Beberapa usaha telah dilakukan untuk memindahkan pohon kayu manis ke bagian lain negara tropis, tapi hanya berhasil di Seychelles. Bagian tanaman yang digunakan Kulit kayu. Kualitas sensoris Sangat beraroma, manis, enak, hangat tapi agak pahit atau astringent.
     Komponen utama Minyak esensial dari kulit kayu manis (maks. 4%) didominasi oleh phenylpropanoids cinnamaldehyd (3-phenyl-acrolein, 65 - 75%) dan eugenol (4-(1-propene-3-yl)-2-methoxy-phenol, 5 - 10%). Phenylpropanoids lainnya (safrole, cinnamic acid esters), mono- dan sesquiterpenes, meskipun hanya ada dalam jumlah sangat kecil, sangat berpengaruh terhadap rasa kayu manis. Komponen dalam jumlah kecil yang lain yang berkaitan dengan kualitas adalah 2-heptanone (methyl-n-amyl-ketone). Kadar kotoran di kulit kayu agak sedikit (3%).

Dari daun kayu manis, dapat ditemukan minyak esensial lain (1%) yang terutama mengandung eugenol (70 - 95%) dan dapat digunakan untuk menggantikan cengkeh. Cinnamaldehyde, benzyl benzoate, linalool dan β-caryophyllene dalam jumlah yang kecil (1 to 5%) juga telah ditemukan.
      Kayu manis merupakan rempah-rempah kuno yang disebutkan beberapa kali di kitab suci Perjanjian Lama, meskipun hanya kayu manis Cina (cassia) yang dikenal di Barat sampai abad ke-16. Dibandingkan dengan jenis kayu manis dari Cina, kayu manis Ceylon mempunyai aroma yang lebih lembut dan merupakan kualitas yang dominan di pasar negara Barat.
      Karena kayu manis berasal dari Asia Selatan, maka tidak heran kalau masakan dari Sri Lanka dan India sangat banyak menggunakannya. Kayu manis cocok untuk kari daging sapi pedas dari Sri Lanka dan nasi beraroma ( biriyanis ) dari masakan Emperial India Utara. Selain itu juga banyak digunakan untuk memberi aroma dan rasa pada teh. Kayu manis juga populer di banyak negara dimana Persia atau Arab berpengaruh: Asia Barat, Barat Daya dan Tengah, Afrika Utara dan Timur.
Meskipun kayu manis sangat populer di Eropa pada abad ke 16 dan 18, namun sekarang kegunaannya agak berkurang: penggunaan utama kayu manis di masakan Barat adalah untuk beberapa macam makanan penutup (desserts); sebagai contoh buah-buahan rebus, sering dibumbui dengan campuran cengkeh dan kayu manis. Namun, kayu manis jarang digunakan untuk masakan yang pedas.
Di India, kayu manis digunakan secara keseluruhan; pecahan kulit kayu digoreng di minyak panas sampai gulungannya terbuka (hal ini penting untuk melepaskan aromanya); lalu, suhunya dikurangi dengan menambahkan komponen yang lain, seperti tomat, bawang atau yoghurt. Potongan kayu manis dapat diambil sebelum penyajian, tapi lebih sering digunakan untuk hiasan beraroma.
Di banyak negara lain, kayu manis bubuk lebih disukai. Bubuk kayu manis sebaiknya ditambahkan segera sebelum penyajian, karena dapat menjadi sedikit pahit setelah dimasak beberapa saat.
Pucuk kayu manis adalah buah yang belum matang yang dipanen segera setelah berbunga; bentuknya mirip dengan cengkeh. Pucuk kayu manis ini kurang beraroma dibandingkan dengan kulit kayunya, meskipun demikian aromanya agak menarik: ringan, segar dan manis. Untuk melepaskan aromanya, pucuk kayu manis ini harus digiling sampai lembut. Penggunaannya sebagai rempah-rempah hanya penting di daerah Cina dan India (daerah Kutch di Gujrat)
     Untuk proses penyimpanan simpan di tempat terbuka atau suhu ruangan.

http://www.food-info.net/id/products/spices/cinnamon.htm


Jeruk Nipis  
   Tanaman jeruk merupakan tanaman buah tahunan yang berasal dari Asia. sejak ratusan tahun yang lalu jeruk sudah tumbuh di Indonesia baik secara alami maupun dibudidayakan. Jeruk nipis selalu tersedia disepanjang tahun kualitas jeruk nipis dapat diketahui dari warna, kejernihan, dan tekstur kulit bukan dari ukuran buahnya. Tekstur kulit perlu diperhatikan semakin tipis kulitnya semakin banyak airnya. Jeruk nipis berukuran kecil dan sedang biasanya memiliki kulit lebih tipis dari pada berukuran besar. Jeruk nipis memiliki nama ilmiah Citrus aurantifolia . Jeruk nipis atau Limau nipis adalah tumbuhan perdu yang menghasilkan buah dengan nama yang sama. Tumbuhan ini dimanfaatkan buahnya, yang biasanya bulat seperti bola berwarna hijau atau kuning, memiliki diameter 3,5 – 5 cm, umumnya mengandung daging buah masam. Selain di Indonesia jeruk nipis juga dikenal di Negara belahan dunia lain seperti Amerika maupun di Eropa. Asal usul dan penyebaran jeruk nipis berasal dari Asia Tenggara.
      Klasifikasi jeruk nipis
-Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
-Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
-Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
-Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
-Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
-Sub Kelas: Rosidae
-Ordo: Sapindales
-Famili: Rutaceae (suku jeruk-jerukan)
-Genus: Citrus
-Spesies: Citrus aurantifolia
     Proses penyimpanan jeruk nipis adalah simpan di tempat terbuka atau suhu ruangan dan di dalam lemari es.


http://www.klasifikasitanaman.com/2013/11/klasifikasi-tanaman-jeruk-nipis.html?m=1
https://syamsiatun24.wordpress.com/tag/jeruk-nipis/

0 komentar:

Posting Komentar

Utensil & Equipment 27

                                                    Utensil  & Equipment Measuring Jug Function : A tool used to measure liquid ...