Sabtu, 28 Oktober 2017

daily report 17

23 oct 2017

Hello guys back to my Blog, hari ini saya akan share informasi tentang kegiatan saya di kitchen. Kali ini saya dan teman saya membuat "Croissant & Danish ". Kami di bagi menjadi 5 grup saya  bersama teman saya Aulia , Ahmad . 






 Oke guys sebelum saya melanjutkan aktivitas cara pembuatan Croissant and Denish  , saya akan menyimpan bahan-bahan terlebih dahulu . 







Berikut Resepnya : 

- 250 gr Flour
- 22 gr Sugar
- 5 gr Salt
- 1/2 pcs Egg
- 10 gr Yeast
- sckp Water
- sckp Fresh milk (For Danish)

- 150 gr Unsalted Butter / Craissant Fat

 Setelah semua adonan tercampur saya akan melalukan step by step : 

  
1. pertama pipihkan butter lalu bentuk persegi, masukkan ke plastik dan simpan di freezer.
2. untuk pembuatan adonan, campur semua bahan kecuali air. mix dengan kecepatan medium, masukkan air sedikit demi sedikit. aduk hingga rata. croissant tidak perlu di mix hingga kalis agar texture croissant bisa cruncy saat sesudah di oven.
3. setelah tercampur keluarkan dari mesin, bulat kan adonan dan istirahatkan sebentar.
4. lalu ambil butter dari freezer, pipihkan adonan dan bentuk persegi panjang, kemudian masukkan butter ketengah adonan, dan lipat hingga butter tertutupi.
5. roll dan pipihkan lagi adonan hingga membentuk persegi panjang.

6. Sekarang kita masuk pada lipatan pertama sebanyak 3 kali lipatan . sesudah kita lipat sebanyak 3 kali kita masukkan ke freezer kurang lebih 10-15 menit . 
7. Setelah itu , masuk ke langkah cara pembentukkan adonan ,sebelumnya pipihkan adonan dan bentuk seperti persegi panjang dengan panjang 22 cm dan potong membentuk segitiga dengan lebar sisi bawah segitiga yaitu 6 cm  dan bentuk seperti di bawah ini  


98. kemudian proofing di suhu ruangan selama kurang lebih 30 - 40 menit, lalu olesi dengan egg wash . 
9. bake croissant dengan suhu 190 derajat celcius hingga matang berwarna kecoklatan.


          seperti di bawah ini : 


Croissant

 Oke guys berikut cara pembuatan Danish  pembuatan denish ini tidak jauh beda dengan pembuatan croissant  hanya saja bahan croissant menggunakan air sedangkan danish menggunakan fresh milk.
     apabila sudah jadi roll adonan dengan ketebalan 0,5mm, lalu beri topping,kali ini saya memberi topping blueberry chocolate.lalu gulung adonan kemudian potong 2,5 cm.


Selanjutnya bake dengan suhu croissant 190 derajat hingga kecoklatan , seperti ini 


Danish
ok guys sekian cerita kegiatan saya hari ini semoga bermanfaat.thank you and see you next time . 
Oke guys 

0 komentar:

Posting Komentar

Utensil & Equipment 27

                                                    Utensil  & Equipment Measuring Jug Function : A tool used to measure liquid ...