Selasa, 01 Agustus 2017

KEGIATAN DIKLAT DI BALAI INDUSTRI MAKASSAR






    Assalamualaikum Geng , kali ini saya ingin menceritakan sedikit pengalaman mengenai

AHLI PRODUKSI ANEKA OLAHAN BERBASIS COKLAT 


Oke , langsung saja saya ingin menceritakan sedikit pengalaman selama saya mengikuti Balai Diklat Industri Makassar atau kita singkat saja ( BDI ) . setelah tiba di BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR , kami di arahkan untuk meregistrasi data-data yang telah di tentukan . setelah meregistrasi ,  kami di arahkan untuk ke Asrama setelah semuanyaa selesai kami Istirahat sejenak , sesudah kami Istirahat kami di ajukan untuk ke CAFETARIA ( KANTIN ) Hehehehe๐Ÿ˜.. setelah selesai Dinner ,  kami beristirahat untuk melanjutkan kegiatan selanjutnya .


       Hari Pertama  ,  pembukaan oleh pihak BALAI DIKLAT INDUSTRI MAKASSAR . setelah pembukaan telah selesai acara selanjutnya kami di beri waktu untuk Coffee Break pagi sesudah Coffee Break pagi selesai ,  kami masuk ke kelas untuk mendengarkan sedikit arahan mengenai Pengetahuan Cokelat dan cara mengelolah cokelat dengan baik sesudah arahan selesai kami di beri waktu lagi  untuk  ISHOMA ( Istirahat , Sholaat dan Makan siang ) . sesudah itu kami melanjutkan aktivitas di kelas pengarahan mengenai Basic Cooking yang di pandu oleh Dr. H Syamsu Rijal , M.Pd dan Pak Syahrial S.Sos , M.AP. setelah pembahasan selesai kami di arahkan lagi untuk Coffee Break Sore . kami melanjutkan lagi pembahasan Pengenalan Peralatan Pastry & Bakery dan Komoditi Pastry & Bakery . pembahasan telah selesai.



      Hari Kedua , Aktivitas selanjutnya kami ke kampus POLITEKNIK PARIWISATA MAKASSAR , setelah tiba di kampus tersebut , kami mendengarkan sedikit Arahan mengenai Kesehatan dan Keselamatan Kerja. setelah arahan selesai yang telah di sampaikan oleh dosen tersebut , kami di arahkan untuk memprodak menu yang telah di sediakan , lalu kami memulai praktek yang pertama yaitu , pembuatan 3 in 1 cokelat , sesudah prodak pertama telah selesai kami di beri waktu untuk ISHOMA (Istirahat , Sholaat , dan Makan Siang ). lalu kami melanjutkan lagi pembuatan 3 in 1 Jahe Cokelat , pembuatan Selai Cokelat . dan sesudah 3 in 1 cokelat semua telah selesai kami di beri saran untuk memprepare bahan kulit Pie . setelah semua sudah selesai kami membersihkan Area kerja .



      Hari Ketiga , aktivitas kami di mulai dari pratikum olahan berbasis coklat yaitu , Dodol cokelat , Brownies cokelat , Pie cokelat , Almond Crispy cokelat . semua olahan di praktekan di kampus Politeknik Negeri Pariwisata Makassar . dan ujian ini tersebut juga untuk penilaian Uji Kompetensi.



       Hari Keempat , kami tidak lagi ke kampus , karena kami melakukan test wawancara dan ujian tertulis juga mengisi formulir assesmen di Balai Diklat  Industri Makassar ( BDI ). setelah semuanya selesai kami melanjutkan dengan industri di pabrik Cokelat yang tersedia fasilitasnya di Balai Diklat Makassar , semua proses berawal dari biji cokelat menjadi cokelat yang akan di olah menjadi suata cokelat yang baik/ cokelat seutuhnya .


      Hari Kelima , aktivitas selanjutnya kami ke kampus Politeknik Negeri Pariwisata Makassar untuk melakukan uji Kompetensi , dan saya bekerja bersama partner saya mempraktekkan olahan Almond Crispy Cokelat , dan hasil yang saat memuaskan , dan semuanya berjalan dengan baik dan sukses .


      Hari Keenam , Aktivitas selanjutnya kami melengkapi berkas sekalian penutupan yang di lakukan oleh Kepala  Balai Diklat Industri Makassar .

Berikut ini adalah beberapa lampiran foto-foto selama Diklat :


Almond Crispy Chocolate

Pie Chocolate 


Tahap - tahap Pembuatan Cokelat 



Bpk . Agusalim Sedang Menjelaskan Proses Tempering 



Mixing Bowl

Salah Satu Mesin Yang Ada di Pabrik 


>>


Oke , sekian pengalaman saya selama saya mengikuti Pelatihan di  Balai Diklat Industri Makassar , mengenai pengelolahan aneka product berbasis Cokelat . banyak pengalaman dan pelajaran yang bisa saya dapatkan selama mengikuti kegiatan tersebut . Terima kasih yah guys ...๐Ÿ˜„๐Ÿ˜๐Ÿ˜Ž



     

0 komentar:

Posting Komentar

Utensil & Equipment 27

                                                    Utensil  & Equipment Measuring Jug Function : A tool used to measure liquid ...