Senin, 23 Oktober 2017

Ingredients 9

1. SINGKONG 
 
Singkong merupakan umbi yang tidak merambat dan memiliki batang yang keras dan umbi yang sangat keras memanjang. Selain itu ubi kayu atau yang di kenal dengan singkong memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Klasifikasi Singkong :
  • Kindom / kerajaan : Plantae / Plants
  • Sub kingdom / Sub kerajaan : Tracheabionta / Vasculer Plants
  • Super division / super divisi : Spermathopyta / Seed Plants
  • Division / divisi : Magnoliophyta / Flowering Plants
  • Classing/ kelas : Magnoliopsida / Dicotyledons
  • Sub classis / sub kelas : Rosidae
  • Ordo / bangsa : Euphorbiales
  • Familia / suku : Euphorbiales / Spurge Family
  • Genus / marga : Manihot Mill / cassava
  • Species / jenis : Manihot esculenta Crantz
  • Binominal Name/ Nama latin : Manihot esculenta Crantz
  • Common Name / Nama umum : Cassava
Morfologi Singkong :
a.Batang
Batang tanaman singkong berbentuk bulat panjang , berkayu , berbuku-buku dan tumbuh dengan memanjang . Panjang batang tanaman singkong 2- 3 m . Sedangan ukuran pada batang yaitu tergantung varietes misalya besar, serta memiliki warna batang kecoklatan.

b.Ubi
memiliki bentuk umbian panjang . Berat ubi yang ideal yaitu 500 gram bahkan lebih. Dan memiliki warna coklat  keputih-putihan, dan memiliki kulit yang sangat ah tipis .

c.Daun
Daun berbentuk 5 jari dan juga lonjong dengan tepi yang rata dan memiliki garis setiap daun . Sedangkan memiliki bagian ujung daun yang sangat lah tajam . Daun biasanya memiliki warna hijau tua dan juga kekuning – kuningan .

2. UBI JALAR

Ubi jalar merupakan sejenis tanaman umbian yang menyimpan tanamannya di dalam tanah. Tamanan ini menyerupai tanaman umbian lainnya seperti kentang, singkong dan juga umbian lainnya, yang memiliki kandungan gizi yang sangat tinggi.

Klasifikasi Ubi Jalar :
  • Kindom / kerajaan : Plantae / Plants
  • Sub kingdom / Sub kerajaan : Tracheabionta / Vasculer Plants
  • Super division / super divisi : Spermathopyta / Seed Plants
  • Division / divisi : Magnoliopsida / Flowering Plants
  • Classing/ kelas : Magnoliopsida / Dicotyledons
  • Sub classis / sub kelas : Asteridae
  • Ordo / bangsa : Solanes
  • Familia / suku : Convulvulaceae / Morning Glory Family
  • Genus / marga : Ipomoea L . / Morning glory
  • Species / jenis : Ipmoea batatas L . ( Lam )
  • Binominal Name/ Nama latin : Ipmoea batatas L . ( Lam )
  • Common Name / Nama umum : Sweet Potato
Morfologi Ubi Jalar :
a.Batang
Batang tanaman ubi jalar berbentuk bulat , tidak berkayu , berbuku-buku dan tumbuh dengan merambat . Panjang batang tanaman ubi jalar 2- 3 m . Sedangan ukuran pada batang yaitu tergantung varietes misalya besar , sedang dan kecil  , serta memiliki warna batang hijau tua dan ada juga yang berwarna keunguan.

b.Ubi 
memiliki bentuk umbian yang bulat tidak rata dan kadang juga berbentuk lonjong. Berat ubi yang ideal yaitu 200 – 300 gram per ubi . Dan memiliki warna putih , kuning dan juga warna keunguan , dan memiliki kulit yang sangat ah tipis .

c.Daun 
Daun berbentuk bulat dan juga lonjong dengan tepi yang rat dan memiliki lekukan yang sangat lah dalam . Sedangkan memiliki bagian ujung daun yang sangat lah tajam . Daun biasanya memiliki warna hiaju tua dan juga kekuning – kuningan .

d.Bunga
Bunga ubi jalar memiliki bentuk terompet tersusun dengan lima helai daun mahkota , lima helai dauan bunga dan satu helai putik . Mahkota bunga berwarna putih , bunga ubi jalar mekar pada pagi jika terjadi penyerbukaan maka akan terjadi buah .

e.Buah
Buah ubi jalar berbentu bulat , berkulit keras dan berbiji .

3. TALAS
Tanaman talas adalah salah satu jenis tanaman yang termasuk monokotil atau biji berkeping dua dengan sistem perakaran serabut pendek dan tumbuh dengan liar. Tanaman talas ini tergolong dalam marga alismateles dengan anggota keluarga Araceae, talas ini juga diduga berasal dari Asia Tenggara atau Asia Tenggah bagian selatan.
Tanaman talas ini merupakan tanaman umbian yang dapat ditemukan di tanah lembab, maupun berair dan lumpur biasanya banyak di perdesaan. Tanaman talas juga memiliki batang, berwarna keungguan, dengan daun lebar, umbian berwarna kecoklatan dengan berat rata – rata 1-3 kg bahkan lebih, dan juga dapat tumbuh dengan baik.

Klasifikasi Talas :
Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Liliopsida
Ordo : Alismatelas
Famili : Araceae
Genus : Colocasia
Spesies : Colocasia esculenta L.

Morfologi Talas :
1. Akar
Akar tanaman talas serabut, yang tersusun dari perakaran adventif, dengan tumbuh tegak mencapai kedalam 10-20 cm bahkan lebih.

2. Batang
Batang tanaman talas berbentuk bulat memanjang, dengan panjang mencapai 50- 60 cm bahkan lebih, batang tanaman ini berwarna keungguan, kehitaman hingga kecoklatan, dan memiliki bulu halus. Batang tanaman ini tumbuh dengan tegak, dan juga memiliki percabangan daun tunggal.

3. Daun
Daun tanaman talas ini adalah daun sempurna atau lengkap, dengan bentuk melebar mencapai 50-60 cm bahkan lebih, dengan warna daun hijau muda hingga tua. Daun talas merupakan daun tunggal, dengan tangkai panjang berwarna keungguan atau keccoklatan, dan pangkal daun meruncing. Selain itu, daun talas ini juga memiliki bagian tepi rata, dengan pertulangan daun yang besar atau menonjol yang berbentuk menjari yang berwarna keputihan kotor.

4. Bunga
Bunga tanaman talas ini berukuran 10-30 cm, dengan ukuran seludang 10 – 30 cm, berwarna hijau hingga kemerahan, dan juga bunga ini terdiri dari beberapa tongkol yaitu tangkai dan seludang. Bunga tanaman ini terspisah dengan bunga jantan dan betina yang terletak pada bagian bawah dan atas. Penyerbukaan bakal buah ini akan di lakukan dengan dua cara yaitu dengan cara melakukan penyerbukan sendiri dengan bantuan angin, dan dengan cara bantuan hewan sekitar dengan melekatkan bunga jantan dan betina.

Informasi Tambahan :
Tanaman talas ini juga dapat diperbanyak dengan menggunakan umbiannya, namun harus menyesuaikan kondisi lahan maupun kebun agar tetap lembab dan basah. Sehingga akan mempercepat pertumbuhan dan perkembangan tanaman talas. Selain itu, tanaman ini juga berguna dan bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit dan juga menjaga kesehatan anda tetap terjaga. Semoga bermanfaat.




SUMBER :

http://fredikurniawan.com/morfologi-singkong/
http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-ubi-jalar/
http://fredikurniawan.com/klasifikasi-dan-morfologi-tanaman-talas/

0 komentar:

Posting Komentar

Utensil & Equipment 27

                                                    Utensil  & Equipment Measuring Jug Function : A tool used to measure liquid ...