Kamis, 07 September 2017

FAMOUS FOOD 03

Famous Food



BURGER




       Burger adalah salah satu makanan favorite orang eropa, namun arus teknologi dan informasi membawanya dikenal diseluruh dunia termasuk Indonesia. Makanan ini kini menjadi makanan yang sangat familiar dan digemari oleh semua orang. Burger yang memiliki keistimewaan susunannya yang berlantai lantai membuat tertarik orang yang memandangnya dan ingin segera mencobanya.Burger termasuk kuliner berekelas, artinya tidak semua masyarakat dapat menikmatinya. Susunannya berupa dagings api murni, roti dengan protein tinggi sayur sayuran pilihan yang kaya vitamin semakin menambah harga makanan ini. Burger hanya dapat dinikmati oleh kalangan ekonomi ke atas. Sehingga masyarakat yang ekonominya menengah kebawah hanya tahu dan berharap suatu saat akan mampu membelinya.

Umumnya, Burger dijajakan di hotel, di Mall dan diberbagai restoran
kelas atas. Makanan ini sampai sampai saat ini masih menjadi perbincangan yang hangat dikalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah. Oleh karena itu, mengusahakannya adalah peluang bisnis yang sangat besar. Apalagi bisnis ini dikembangkan di pulau Lombok. Pulau Lombok yang sedang hangat hangatnya
diperbincangkan oleh para wisatawan. Sampai saat ini telah menjamur jumlah wisatawan. Ditambah lagi dengan kekayaan alam
yang kaya akan gizi, maka menambah sempurna prosfek Burger sebagai bisnis yang menjanjikan


Humburger yang merupakan makanan yang terkenal berkelas ini

dapat dinikmati oleh semua kalangan utamanya mahasiswa.

Keunggulannya dibanding produk - produk yang lain adalah:


1. Jenis makan ini berkelas



2. Harga murah



3. Memiliki kandungan gizi yang cukup lengkap



4. Diolah dari bahan-bahan pilihan dan merupakan kekayaan alam



5. Harganya terjangkau untuk semua kalangan



6. Dapat disajikan dan dipadukan dengan berbagai jenis makanan

Lain



7. Dapat dijadikan lauk pauk



8. Keistmewaanya dapat mencegah kangker karena kandungan  antisionin pada salah satu bahnnya, yaitu ubijalar.



9. Memiliki bentuk heksagonal yang unik.

(sumber: https://ferakomalasari.files.wordpress.com/2015/02/pkm-k-akbar.pdf)

Ingredients And How To Make Burger :


  1. Roti burger
  2. Timun
  3. Telur dadar atau lempengan daging
  4. Daun Slada
  5. Tomat
  6. Saus
Panggang roti burger sedemikian rupa hingga matang isinya. Bisa menggunakan Teflon atau juga alat pemanggan lainnya. Daging untuk burger bisa Anda dapatkan secara instan di super market. Atau jika ingin lebih berhemat bisa digantikan dengan telur yang sudah didadar. Setelah roti burger matang, olesi bagian paling bawah dengan menggunakan saus. Anda bisa langsung menyusun bahan-bahan seperti slada, timun, tomat, telur atau daging ditambah dengan saus tomat yang lezat. Lalu tutup bagian atas dengan menggunakan roti. Bungkus burger yang sudah disusun dengan menggunakan plastic khusus yang biasa digunakan untuk mengemas burger. Burger lebih lezat dinikmati pada kondisi hangat. Cocok untuk menu sarapan pagi.

(sumber :http://resepcaramasak.com/resep-cara-membuat-burger-yang-enak/)





STEAK




BISTIK atau steak seolah-olah Identik dengan negeri Paman Sam (AS) karena negara itu salah satu penghasil daging sapi yang berkualitas tinggi. Tidak heran Jika sederet Jenis daging sapi diimpor dari sana, seperti US t-bone steak, US beefribs, US tenderloin, US sirloin dan sebagainya.

Konon, awalnya tidak demikian. Daging sapi Itu Justru tidak populer sebagai bagian dari pilihan diet di AS sebelum perang sipil Sejarah daging sapi malah bukan dari AS. Justru yang memperkenalkan sapi ke dunia baru adalah bangsa Spanyol ke Meksiko pada tahun 1540. Pada abad ke-18 kolonial bangsa Spanyol dan Prancis mulai memelihara sapi. Sebagaimana jalur kereta apl berkembang kala Itu, mereka memanfaatkan kereta untuk mengangkut kawanan sapi dari San Antonio. Texas ke New Orleans. Tetapi Industri Itu Jatuh akibat musim dingin yang dahsyat karena kawanan sapi lenyap hingga 90 persen. Seiring perkembangan zaman kala Itu, produksi daging sapi kembali meningkat mulai tahun 1871. Bahkan setelah Perang Dunia II, daging sapi alias beef menjadi simbol kemakmuran bangsa AS. Simbol Itu akhirnya menjadi tenar ke seluruh dunia sekaligus memberikan inspirasi kepada Juru masak. Akhirnya bistik berhasil menjadi menu andalan dapur. Hingga kini bistik tidak asing bagi lidah semua orang di berbagai belahaan dunia. 

               Di beberapa negara ada yang membuat perpaduan steak tersendiri berdasarkan kebiasaan mereka sehari-hari. Masyarakat di Irlandia umumnya memiliki kebiasaan mencampurkan daging babi asap untuk steak dan memasaknya dengan rasa manis dan pedas. Resep Itu dikenal sebagai steak dan guinnes pie.

                Di negara Asia resep bistik lebih pedas karena menggunakan banyak kecap dan lada. Sedangkan Australia disebut sebagai steak yang bentuknya mirip tas karena terbuat dari potongan daging sapi yang tebal dan empuk, lalu diisi dengan kerang tiram dan dibakar. Kalau di negara Timur Tengah dikenal dengan sebutan kebab. Mereka membuatnya dengan cara alami atau menggunakan pemanggang listrik. Sedangkan di Paris bisa dikatakan resep yang paling enak dan orisinil dengan berbagai pengalaman dan keahlian dari beberapa orang yang memang doyan makan dan minum.

(sumber :http://budiboga.blogspot.co.id/2006/06/resep-steak-lezat-ala-hotel-untuk.html)

 Tingkatan Kematangan Steak :

- Very Rare : untuk 225 gr daging dimasak 1 menit setiap sisinya. Pada tingkat ini, bagian luar daging berubah warna, sedangkan dalamnya masih mentah.

- Rare : untuk setiap 225 gr daging, dimasak 2 menit setiap sisinya. Warna permukaan merah muda, sedang dalamnya mentah dan berdarah.
    
- Medium: untuk 225 gr daging dimasak 3-4 menit setiap sisinya. Bagian luar berwarna kecoklatan, dalamnya merah muda hampir matang.
  
- Well done : untuk 225 gr daging dimasak 5 menit setiap sisinya. Daging matang, Untuk penggemar steak tingkat kematangan ini tidak desarankan sebab daging kehilangan gurihnya..

 (sumber :https://resepkoki.id/2016/10/26/5-tingkat-kematangan-steak/)


Tips Mengolah Steak
 
Agar hasil steak maksimal, simak tips berikut:
 
1. Apapun dagingnya usahakan memotong dengan cara melawan urat agar daging tidak liat.

2. Jika steak disajikan dalam bentuk potongan besar, rendam dalam bumbu lebih lama agar bumbu meresap dan beri pengempuk daging (serbuk papain) agar tekstur daging tidak liat.

3. Pilih daging bagian terlunak seperti sirloin atau topside untuk hasil steak maksimal.

4. Jangan pernah memasak steak terlalu lama karena tekstur daging akan liat dan rasa manis khas daging menjadi hilang.

5. Layukan daging dalam freezer selama semalam agar tekstur daging lebih empuk.

(sumber : http://budiboga.blogspot.co.id/2006/06/resep-steak-lezat-ala-hotel-untuk.html) 

Ingredients and how to make :

Sirloin Steak 

Bahan:
500 gr daging sapi sirloin (pangkal paha)
30 gr paterseli cincang
4 siung bawang merah
½ sdm pasta tomat
¼ sdt tepung terigu
125 ml air/kaldu daging
2 sdm mentega
1 sdm red wine/kentucky
¼ sdt lada halus
½ sdt garam halus
Pelengkap:
100 gr bawang bombay goreng/onion ring
100 gr pure kentang
75 gr setup sayuran 

Cara Membuat:
 
1. Potong daging menjadi tiga atau empat bagian. Rendam daging dalam larutan garam, daun paterseli, lada dan garam. Diamkan 30 menit agar bumbu meresap.

2. Panaskan mentega pada grill pan. Masukan daging dan masak sampai daging matang. Angkat daging dari perapian, potong-potong.

3. Saus: Tumis bawang bombay pada wajan bekas menggoreng steak, masukkan tepung terigu, pasta tomat, lada dan garam. Setelah harum, tambahkan air/kaldu, masak sambil diaduk hingga saus mengental. Sesaat sebelum diangkat, tambahkan kentucky/red whine.

4. Penyajian: Siapkan piring saji, atur daging, onion ring, pure kentang dan setup sayuran. Siram dengan saus dan sajikan segera. 


  (sumber : http://budiboga.blogspot.co.id/2006/06/resep-steak-lezat-ala-hotel-untuk.html)

0 komentar:

Posting Komentar

Utensil & Equipment 27

                                                    Utensil  & Equipment Measuring Jug Function : A tool used to measure liquid ...